VIRUS DAN PERANANNYA BAGI KEHIDUPAN

Posted: December 3, 2010 in biologi, Materi Kuliah

Kata virus berasal dari bahasa latin virion yang artinya racun. Diartikan sebagai racun karena hamper semua jenis virus dapat menyebabkan penyakit, baik pada tumbuhan, hewan, atau manusia. Sejarah penemuam virus dimulai oleh Adolf Meyer, seorang ilmuwan Jerman pada tahun 1883. dia menemukan bintik-bintik kuning pada daun tembakau. Lalu setelah ia teliti ternyata bintik-bintik itu disebabkan oleh penyakit mosaic yang menular. Kemudian ia mencoba menularkan penyakit tersebut pada tanaman lain yang sehat, dengan cara menyemprotkan getah tanaman yang sakit, dan ternyata tanaman yang sehat tadi menjadi ikut tertular. Nah, selain itu ia juga menyelidiki mikroba pada getah tanaman yg ditulari tadi, tapi ia tidak menemukan apapun. Maka berdasarkan penelitiannya itu ia menyimpulkan bahwa penyebab penyakit mosaic yang ditandai dengan adanya bintik kuning itu berupa mikroorganisme yang ukurannya lebih kecil dari bakteri. Ilmuwan lain yang mendukung pendapat Meyer adalah Dimitri Ivanowsky. Pada tahun 1892, Ivanowsky menyatakan bahwa, penyebab penyakit mosaic berukuran lebih kecil dari bakteri. Hal ini ia buktikan dengan lolosnya penyebab penyakit mosaic melalui saringan yang tidak dapat dilalui bakteri. Ada pula seorang ilmuwan Belanda bernama M. Beijerinck pada tahun 1897, menyimpulkan bahwa partikel patogen itu lebih kecil dari bakteri, dan hanya dapat hidup pada makhluk hidup dan dapat pula bereproduksi.

Pada tahun 1935 seorang ilmuwan asal Amerika Serikat bernama Wendell Stanley, berhasil mengkristalkan pathogen tersebut. Olehnya pathogen tersebut diberi nama Tobacco Mosaic virus (TMV) yaitu virus mosaic tembakau.

Virus yang hidup dalam tubuh hewan, pertama kali ditemukan oleh Loffer dan Frosch pada tahun 1887.virus ini menyebabkan penyakit mulut dan kaki (foot and mouth disease) pada ternak. Frederick Twort (1915) dan Felix d’Herelle (1917), menemukan virus bakteri (bakteriofage) yang hidup di dalam sel bakteri Escherichia coli.virus ini dapat menyebabkan lisis atau teruarainya sel bakteri tersebut.

Bagaimana sih sifat-sifat virus itu?

Penggolongan virus sebagai benda hidup atau tidak hidup masih belum bisa dipastikan. Hal ini disebabkan virus memiliki sifat antara benda hidup dan benda tidak hidup.Virus dikatakan hidup karena dapat memperbanyak diri.Virus dikatakan tiadak hidup karena tidak melakukan metabolisme dan sangat tergantung pada hospesnya untuk tetap dapat hidup dan memperbanyak diri. Selain itu,virus juga tidak terdiri atas sel. Padahal seperti yang kita tau, suatu benda dikatakan hidup jika terdiri atas sel.Virus hanya mengandung salah satu asam nukleat saja yang berupa Deoxyribose Nucleic Acid (DNA) atau Ribose Nucleic Acid (RNA), tidak keduanya. Nah, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa virus hanya dapat bereplikasi jika terdapat pada hospes.

Lalu apa saja peranan virus bagi kehidupan?

As we know, hampir sebagian besar virus itu merugikan manusia karena merupakan parasit. Eiiits… tapi ada juga loh beberapa virus yang menguntungakan bagi kehidupan. Nah berikut ini adalah contoh-contoh virus yang menguntugkan dan merugikan bagi kehidupan.

Virus yang Menguntungkan

Virus dapat dimanfaatkan dalam bidang rekayasa genetika maupun penelitian di bidang kedokteran.dan beberapa contoh di antaranya sebagai berikut.
1) virus yang digunakan untuk memproduksi interferon. Interferon merupakan protein kecilyang dihasilakn oleh sel normal sebagai respon terhadap infeksi virus. Interferon berfungsi untuk mencegah replikasi virus di dalam sel hospes.
2) Profage dapat digunakan untuk mengubah fenotip bakteri sehingga bermanfaat dalam bidang kedokteran. Caranya, asam nukleat virus digabungkan dengan gen manusia yang bersifat menguntungkan. Kemudian secara lisogenik gen tadi digabungkan dengan sama nukleat bakteri. Apabila bakteri membelah diri, berarti setiap anakan bakteri mengandung gen manusia yang dapat memproduksi zat-zat yang menguntungkan.
3) Virus digunakan untuk pembuatan vaksin. Vaksin adalah mikroorganisme patogen yang telah dilemahkan sehingga sifat patogenitas (penyebab penyakit)-nya hilang, tetapi antigenitas (penimbul antibody)-nya tetap.
Berikut contoh beberapa vaksin:
a) Vaksin Sabin dan Salk ynag mencegah poliomyeliti yang ditemukan oleh Jonas Salk.
b) Vaksin Pasteur untuk mencegah penyakit rabies.
c) Vaksin Jenner umtuk mencegah penyakit cacar yang ditemukan oleh Edward Jenner.

Virus yang Merugikan
Sebagian besar virus menyebabkan penyakit, baik pad tumnuh0tumbuhan, hewan, atau manusia karena sifatnya yang parasit obligat. Beberapa penyakit pada tumbuhan yang disebabkan virus:
1) Mosaik (bercak-bercak kuning) pada daun tembakau. Bercak-bercak ini kemudian menggembung berwarna hijau sehingga menghambat pertumbuhan tembakau.Virus penyebabnya disebut Tobacco Mozaik Virus (TMV).
2) Daun menggulung, terjadi pada tanaman kapas dan lobak. Penyebabnya dalah virus TYMV.

Beberapa penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus:
1) new Castle Disease (NCD), penyakit ini menyerang saraf ternak unggas, misalnya ayam, itik. Penyakit ini sering disebut tetelo atau cekak.
2) Foot and Mouth Disease (FMD), penyakit ini menyerang kuku dan mulut hewan ternak seperti kerbau, sapi, domba,dan kuda.
3) Cacar (Vacinia) pada sapi.
4) Flu burung (H5N1), gejala mirip seperti flu biasa, namun bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini menyerang ternak unggas.
5) Flu babi (H5N5)

Beberapa penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus:

1) Influenza (flu), penyakit ini menyerang saluran pernapasan. Gejala penyakit ini antara lain pilek, batuk, pening,dan suhu tubuh meningkat. Flu burung dan flu babi juga bisa ditularkan pada manusia melalui kontak langsung atau memakan daging hewanyang telah terjangkit penyakit tersebut.
2) Cacar, penyakit ini dapat meninggalkan bekas luka pada kulit penderita. Pencegah penyakit ini yaitu vaksin cacar yang ditemukan oleh Edward Jenner pada tahun 1786.
3) Polio, penyakit ini disebabkan oleh Enterovirus. Penyakit dapat dicegah dengan vaksin Salk yangdiberikan pada saat balita. Penemu vaksin Salk adalah Jonas Salk.
4) Hepatitis, penyakit ini banyak jenisnya tergantung dari jenis virus yang menginfeksi. Ada tujuh macam virus hepatitis, yaiut A, B, ,C, D, E, F ,dan G. Dari ketujuh ini hanya B dan C dan berbahaya Karena dapat menjadi kronis dalam waktu 20-30 tahun hepatitis tersebut menyebabkan sirosis dan akhirnya kanker hati.
5) Rabies, penyakit ini disebut juga penyakit anjing gila. Penyakit ini sebenarnya penyakit pada hewan, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit pada manusia yang ditularkan oleh hewan rabies melalui gigitan.
6) Demam berdarah, penyakit ini disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan penurunan kadar trombosit dalam darah.
7) AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), penyakit ini merupakan kelainan system tubuh akibat dari melemahnya system kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah serangan virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) terhadap sel darah putih sehingga tubuh tidak dapat melawan bibit penyakit yang masuk ke tubuh. HIV dapat ditularkan kepada orang yang sehat melalui berbagia cara seperti berhubungan seks (secara bebas), transfuse darah, jarum suntik (dalam penggunaan narkoba),dan dari ibu penderita AIDS kepada anaknya dalam kandungan.
8) Ebola, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada manusia. Gejala penyakit ini sebagai berikut:
-Tubuh demam tinggi, sakit kepala dan nyeri otot.
-Timbul bercak-bercak merah pada muka dan seluruh badan.
-Penderita mengalami pendarahan hebat pada usus besar dan paru-paru, sehingga sering muntah darah.
-Setelah seminggu, penderita mengalami peradangan hati dan ginjal rusak. Selanjutnya akan terjadi penggumpalan darah sehingga nyawa tidak tertolong lagi.

Senarai:
Patogen : dapat menyebabkan penyakit.
Bakteri : salah satu jenis mikroorganisme yang sebagian besar bersel tunggal.
Hospes : sel induk atau inang.
Replikasi : penggandaan.
Parasit obligat : bersifat mutlak sebagai parasit.
Sirosis : pengerutan.
Lisogenik : salah satu cara daur hidup virus dalam menginfeksi bakteri tetapi tidak menghancurkan sel bakteri tersebut.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s