STRUKTUR DAN FUNGSI SEL

Posted: April 10, 2009 in biologi, Materi Kuliah, tugas

LENGKAPNYA DISINI Penelitian menunjukkan bahwa satuan unit terkecil dari kehidupan adalah Sel. Kata “sel” itu sendiri dikemukakan oleh Robert Hooke yang berarti “kotak-kotak kosong”, setelah ia mengamati sayatan gabus dengan mikroskop.
Selanjutnya disimpulkan bahwa sel terdiri dari kesatuan zat yang dinamakan Protoplasma. Istilah protoplasma pertama kali dipakai oleh Johannes Purkinje; menurut Johannes Purkinje protoplasma dibagi menjadi dua bagian yaitu Sitoplasma dan Nukleoplasma
Robert Brown mengemukakan bahwa Nukleus (inti sel) adalah bagian yang memegang peranan penting dalam sel,Rudolf Virchow mengemukakan sel itu berasal dari sel (Omnis Cellula E Cellula).

ANATOMI DAN FISIOLOGI SEL

Secara anatomis sel dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

      1. Selaput Plasma (Membran Plasma atau Plasmalemma).
      2. Sitoplasma dan Organel Sel.
    3. Inti Sel (Nukleus).

1. Selaput Plasma (Plasmalemma)
Yaitu selaput atau membran sel yang terletak paling luar yang tersusun dari senyawa kimia Lipoprotein (gabungan dari senyawa lemak atau Lipid dan senyawa Protein).
Lipoprotein ini tersusun atas 3 lapisan yang jika ditinjau dari luar ke dalam urutannya adalah:Protein – Lipid – Protein Þ Trilaminer Layer

Lemak bersifat Hidrofebik (tidak larut dalam air) sedangkan protein bersifat Hidrofilik (larut dalam air); oleh karena itu selaput plasma bersifat Selektif Permeabel atau Semi Permeabel (teori dari Overton).

Selektif permeabel berarti hanya dapat memasukkan di lewati molekul tertentu saja.

Fungsi dari selaput plasma ini adalah menyelenggarakan Transportasi zat dari sel yang satu ke sel yang lain.

Khusus pada sel tumbahan, selain mempunyai selaput plasma masih ada satu struktur lagi yang letaknya di luar selaput plasma yang disebut Dinding Sel (Cell Wall).

Dinding sel tersusun dari dua lapis senyawa Selulosa, di antara kedua lapisan selulosa tadi terdapat rongga yang dinamakan Lamel Tengah (Middle Lamel) yang dapat terisi oleh zat-zat penguat seperti Lignin, Chitine, Pektin, Suberine dan lain-lain. Selain itu pada dinding sel tumbuhan kadang-kadang terdapat celah yang disebut Noktah. Pada Noktah/Pit sering terdapat penjuluran Sitoplasma yang disebut Plasmodesma yang fungsinya hampir sama dengan fungsi saraf pada hewan.

2. Sitoplasma dan Organel Sel.
Bagian yang cair dalam sel dinamakan Sitoplasma khusus untuk cairan yang berada dalam inti sel dinamakan Nukleoplasma), sedang bagian yang padat dan memiliki fungsi tertentu digunakan Organel Sel.
Penyusun utama dari sitoplasma adalah air (90%), berfungsi sebagai pelarut zat-zat kimia serta sebagai media terjadinya reaksi kirnia sel.Organel sel adalah benda-benda solid yang terdapat di dalam sitoplasma dan bersifat hidup(menjalankan fungsi-fungsi kehidupan).

Organel Sel tersebut antara lain :

a. Retikulum Endoplasma (RE.)Yaitu struktur berbentuk benang-benang yang bermuara di inti sel.
Dikenal dua jenis RE yaitu :• RE. Granuler (Rough E.R)• RE. Agranuler (Smooth E.R)
Fungsi R.E. adalah : sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri. Struktur R.E. hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.

b. Ribosom (Ergastoplasma), Struktur ini berbentuk bulat terdiri dari dua partikel besar dan kecil, ada yang melekat sepanjang R.E. dan ada pula yang soliter. Ribosom merupakan organel sel terkecil yang tersuspensi di dalam sel.
Fungsi dari ribosom adalah : tempat sintesis protein.Struktur ini hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.

c. Miitokondria (The Power House), Struktur berbentuk seperti cerutu ini mempunyai dua lapis membran.Lapisan dalamnya berlekuk-lekuk dan dinamakan KristaFungsi mitokondria adalah sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan banyak ATP (energi) ; karena itu mitokondria diberi julukan “The Power House”.

d. Lisosom, Fungsi dari organel ini adalah sebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler. Salah satu enzi nnya itu bernama Lisozym.

e. Badan Golgi (Apparatus Golgi = Diktiosom) Organel ini dihubungkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel ini banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal.

f. Sentrosom (Sentriol) Struktur berbentuk bintang yang berfungsi dalam pembelahan sel (Mitosis maupun Meiosis). Sentrosom bertindak sebagai benda kutub dalam mitosis dan meiosis. Struktur ini hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.

g. Plastida Dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa.
Dikenal tiga jenis plastida yaitu :

      1. Lekoplas (plastida berwarna putih berfungsi sebagai penyimpan makanan),terdiri dari:
      • Amiloplas (untak menyimpan amilum) dan,• Elaioplas (Lipidoplas) (untukmenyimpan lemak/minyak).• Proteoplas (untuk menyimpan protein).
      2. Kloroplas yaitu plastida berwarna hijau. Plastida ini berfungsi menghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.
    3. Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen, misalnya :• Karotin (kuning)• Fikodanin (biru)• Fikosantin (kuning)• Fikoeritrin (merah)

h. Vakuola (RonggaSel) Beberapa ahli tidak memasukkan vakuola sebagai organel sel. Benda ini dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa. Selaput pembatas antara vakuola dengan sitoplasma disebut TonoplasVakuola berisi :• garam-garam organik• glikosida• tanin (zat penyamak)• minyak eteris (misalnya Jasmine pada melati, Roseine pada mawar Zingiberine pada jahe)• alkaloid (misalnya Kafein, Kinin, Nikotin, Likopersin dan lain-lain)• enzim• butir-butir patiPada boberapa spesies dikenal adanya vakuola kontraktil dan vaknola non kontraktil.

i. Mikrotubulus Berbentuk benang silindris, kaku, berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan sebagai “rangka sel”. Contoh organel ini antara lain benang-benang gelembung pembelahan Selain itu mikrotubulus berguna dalam pembentakan Sentriol, Flagela dan Silia.

j. MikrofilamenSeperti Mikrotubulus, tetapi lebih lembut. Terbentuk dari komponen utamanya yaitu protein aktin dan miosin (seperti pada otot). Mikrofilamen berperan dalam pergerakan sel.k. Peroksisom (Badan Mikro) Ukurannya sama seperti Lisosom. Organel ini senantiasa berasosiasi dengan organel lain, dan banyak mengandung enzim oksidase dan katalase (banyak disimpan dalam sel-sel hati).

3. Inti Sel (Nukleus)Inti sel terdiri dari bagian-bagian yaitu :• Selapue Inti (Karioteka)• Nukleoplasma (Kariolimfa)• Kromatin / Kromosom • Nukleolus(anak inti).Berdasarkan ada tidaknya selaput inti kita mengenal 2 penggolongan sel yaitu :• Sel Prokariotik (sel yang tidak memiliki selaput inti), misalnya dijumpaipada bakteri, ganggang biru.• Sel Eukariotik (sel yang memiliki selaput inti).
Fungsi dari inti sel adalah : mengatur semua aktivitas (kegiatan) sel, karena di dalam inti sel terdapat kromosom yang berisi ADN yang mengatur sintesis protein.

download file lengkapnya disini

About these ads
Comments
  1. noego08 says:

    tmen… kunjungi Blog Saya yh.. banyak yg menarik loh.. makaci…

  2. thanks bro atas smua penjelas-penjelasannya

  3. liza says:

    lex k o jo ma kc yea………….u r the best…………..chayoo!!!

  4. Lalu faraday says:

    well,. no comment

  5. iin says:

    makasih atas semua penjelasannya. ya…..! hal ini sangat berguna untuk gue untuk nambah ilmu gue tentang biologi

  6. ikha says:

    thx y… bwt penjelasan x smoga blog x sukses sll….
    i2 mmbantu sy utuk mexelesaikan tugas sy….
    thx y……[!]

  7. shinta says:

    ikut ngopii ya..
    mkseh banyaakk…..

  8. ririz says:

    emm..ilmu adalah hidup y?!

    q pngn k lombok lg ni. btw d unram da jur fmipa biologi g ?
    kalo q k mtaram,-slem mw jd temenq g?

  9. anak ilang says:

    terimakasih banyak

  10. anak kecil says:

    nice :)

  11. Mia says:

    Thanx ea…
    Dgan penjelasn nue aq dpat ngerjai pr ku dgan baek……
    Thanx ea…..

  12. yana says:

    tq saper2 y wat blog ni..
    sng aq wat assgment

  13. fitri says:

    Arigato ea buat infonya…………. pokoknya ngebantu aku banget dech……….

  14. Cy says:

    Thx bgt. .
    TT ma DP q terisi dgn baeq.. :)

  15. kamal says:

    akhir nya..slesei juga ni tugas..
    makasih ya bro!!

  16. abimulazama says:

    thx bro, banyak membantu
    moga berkah ilmunya

  17. abimulazama says:

    ijin copas ya! tahx

  18. z4k412i4 says:

    SENANG….BS TRUS BLJR KLO KOOMPLIT KYK GINI

    • slem says:

      wah,,,makasi ya atas kunjungannya,,,,
      ntar saya tambahkan lagi biar lebih lengkap,,n mw dirapikan juga,,,maklum massih sembrawut,,,,!!!

  19. iiN says:

    Aq Jdi pingin memperdlam biologi..???

  20. charles says:

    thx for pnjelsanx…..sangat membantu sya dlam mengerjakan tgas” sya…

  21. agus tinus says:

    thanksz atas informasi nya ya gan!!

  22. bila says:

    mak’s ya

  23. rudi says:

    saya belajar dari anda dan saya belajar berterima kasih dari anda.taks

  24. bencilo says:

    Ah tepuuu

  25. slem says:

    bencilo,,,,,tipu apa maksudnya ??

  26. cpa ja jga bole says:

    ada fungsi plastida dan sentriol nggak?

    • slem says:

      A.PLASTIDA
      1. palstida hanya terdapat pada sel tumbuhan
      2. Plastida adalah organel sel yang menghasilkan warna pada sel tumbuhan

      tiga macam plastida, yaitu :

      1.leukoplast : plastida yang berwarna putih
      – berfungsi menyimpan amilum(amiloplas)
      – berfungsi menyimpan minyak(elaioplas)
      – berfungsi menyimpan protein(aleuroplas)
      – ditemukan terutama di bagian akar
      2. kromoplas: plastida yang banyak mengandung karoten
      – ditemukan terutama pada bunga dan bagian lain yang berwarna jingga
      3. kloroplast : plastida yang mengandung pigmen klorofil
      – terdiri dari : klorofil a dan b (untuk fotosintesis), karoten, dan xantofil
      – ditemukan pada daun, bunga dan bagian-bagian yang berwarna hijau

      B.SENTRIOL

      Sentriol merupakan perkembangan dari sentrosom, yaitu pusat sel, daerah dari sitoplasma yang dekat dengan nukleus. Sentriol berupa kumpulan mikrotubulus strukturnya berbentuk bintang yang berperan sebagai kutub-kutub pembelahan sel secara mitosis atau meiosis. Struktur ini hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.
      Dari sentriol memancar benang-benang gelendong pembelahan sehingga kromosom akan terjerat pada benang tersebut. Melalui benang gelendong inilah nantinya tiap-tiap kromosomberjalan menuju kutub masing-masing.

      Sentriol berfungsi untuk:

      -. Membentuk serat gelendong serta untuk orientasi pembelahan sel;
      -. Membentuk rangka organel-gerak serta mengontrol pergerakannya
      -. Membentuk rangka sel (mikrotubul dan mikrofilamen)

  27. sofia says:

    terima ksih atas pnjelasannya.dihrapkan segala maklumat ini dpat ditruskan lagi…semoga sgala jasa anda diblas oleh tuhan

  28. Aprilia Mahmudah (@Aprilia_fedros) says:

    Trimakasih bwt penjelasannya.blog anda sangat bermanfaat.

  29. yheni says:

    thanx yah :D

    I LOVE SAINS

  30. yheni says:

    ntar kalo mo nannya PR disini aja boleh ya hehehe
    #ngarep

  31. yheni says:

    mo nanya kalo jumlah sel manusia ada brapa ya?

  32. niel counvouser dirkk says:

    blog ini membantu makasih

  33. niel counvouser dirkk says:

    baru pertama skull dah di kasih tugass untung ktmu blog ini

  34. Gusti says:

    ihhh. ,,mksihh bngett lo!! untng ad blog in, zd bsa deh ngjain tgas y, trimmss yya Slem

  35. Nia Murniati says:

    I like SAINS … <3
    hehehe (^_^)

  36. bautinja says:

    makasih udh menambah wawasan

  37. slem says:

    makasi udah sempat berkunjung, semoga bermanfaat!!

  38. yowan says:

    ada apa tow ????????

  39. yudo says:

    thanks bro dah jelas bgt lox blh mngkn di tmbhn refrensi.

  40. tuty says:

    bgs bgt! mksh.

  41. arby says:

    makasih..
    alhamdulillah tertolong :D

  42. septi says:

    terima kasih kak….

  43. Takbir says:

    hebaaaaat……. lengkap banget tugh mas ……

    ee …. mau bertanya…… apa sigh perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan ??

  44. Rizkha Angraeni Veronica Taidi says:

    mkach ea tas pnjelasanya,,,, :)

  45. Bagus bozzz, tp kalo bs tolong cantumin sumber refrensi dari tulisan ini juga biar ilmu bs di pertanggung jwbkan kebnrannya….. itu cm sekedar usul….

    yang jelas T.O.P deh buat ente….. di tunggu ya posting selanjunya….

    • slem says:

      terima kasih telahg sempat berkunjung ke blog ini,,,,,semoga bermanfaat !!!!
      maaf saya belum bisa meluangkan waktu dulu untuk posting lagi karena ada pekerjaan yang ga bisa di tinggalikan,,,,,maklumi yahh,,,,terima kasih !!

  46. EgyDest says:

    blognya keren, tapi lebih keren lagi kalo ditambah gambar ..
    penjelasannya lebih bagus lagi loh !

  47. tika says:

    makasih penjelasannya bermanfaat skali…..:)

  48. sachi ara says:

    woaaah berguna banget nih makasih mimin :D

  49. achyar says:

    thank mas brow…. sangat membantu…. di tambah” trus eah ilmunya…..

  50. amel says:

    tolong dong, jelasin sel-sel yang ada ditubuh manusia.. pliiss

  51. Sone says:

    thankss…..

  52. chacha says:

    thanks ya atas informasinya

  53. nurlina says:

    Thanks yaaah…. lebih mudah kerja tugas niiieh

  54. barry says:

    woke thanks :D

  55. takaci says:

    “mks!h ats pnjlasnya”

  56. [...] Posted: April 10, 2009 in biologi, Materi Kuliah, tugas   [...]

  57. wiko says:

    keren gan…! thanks ilmunya

  58. Johnf695 says:

    This is really attentiongrabbing, You’re a very professional blogger. I have joined your rss feed and sit up for in search of extra of your fantastic post. Also, I have shared your site in my social networks! dfebcdaddeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s